//
you're reading...
logo

Logo Koperasi Baru bukan Logo Koruperasi Baru

Tahu logo yang di bawah ini?logo koperasi lama

Yap, logo koperasi. Bukan logo partai Golkar ya. Ini logo Koperasi Indonesia. Oke. Bagaimana kalau kita belajar sedikit tentang sejarah logo ini. Dimana logo ini telah digunakan sejak tahun 1960an dengan nama awal Gerakan Koperasi Indonesia. Koperasi menurut mbahWikipedia adalah sebuah organisasi bisnis. Organisasi yang satu ini dimiliki dan dijalankan oleh orang seorang yang memiliki kepentingan dan tujuan bersama. Koperasi pada dasarnya di jalankan atas prinsip ekonomi kerakyatan dan berasaskan kekeluargaan.

Koperasi di Indonesia, seperti disitat mbah Wikipedia, dilihat dari sejarahnya bermula pada tahun 1896 dimana seorang Pamong Praja Patih R.Aria Wiria Atmaja di Purwokerto mendirikan sebuah Bank untuk para pegawai negeri (priyayi). Pada waktu itu, Ia terdorong oleh keinginannya untuk menolong para pegawai yang makin menderita karena terjerat oleh lintah darat yang memberikan pinjaman dengan bunga yang tinggi. Maksud Patih tersebut untuk mendirikan koperasi kredit model seperti di Jerman. Cita-cita semangat tersebut selanjutnya diteruskan oleh De Wolffvan Westerrode, seorang asisten residen Belanda. De Wolffvan Westerrode sewaktu cuti berhasil mengunjungi Jerman dan menganjurkan akan mengubah Bank Pertolongan Tabungan yang sudah ada menjadi Bank Pertolongan, Tabungan dan Pertanian. Selain pegawai negeri juga para petani perlu dibantu karena mereka makin menderita karena tekanan para pengijon. Ia juga menganjurkan mengubah Bank tersebut menjadi koperasi. Di samping itu ia pun mendirikan lumbung-lumbung desa yang menganjurkan para petani menyimpan pada pada musim panen dan memberikan pertolongan pinjaman padi pada musim paceklik. Ia pun berusaha menjadikan lumbung-lumbung itu menjadi Koperasi Kredit Padi. Tetapi Pemerintah Belanda pada waktu itu berpendirian lain. Bank Pertolongan, Tabungan dan Pertanian dan Lumbung Desa tidak dijadikan Koperasi tetapi Pemerintah Belanda membentuk lumbung-lumbung desa baru, bank –bank Desa , rumah gadai dan Centrale Kas yang kemudian menjadi Bank Rakyak Indonesia (BRI). Semua itu adalah badan usaha Pemerintah dan dipimpin oleh orang-orang Pemerintah.

Ok, segitu sejarahnya, back to logo. Logo koperasi yang di atas, dikeluarkan kira2 tahun 1967. Nama desainernya setelah saya korek-korek di lembah google yang curam, belum saya temukan. Kemungkinan jikalau ada pembaca yang mengetahui, bisa menambahkannya. Logo koperasi tersebut, telah mendarah daging dalam benak saya pribadi. Bisa jadi, sama halnya dengan rekan-rekan pembaca semua. Ingat, ini bukan logo partai Golkar, meskipun  komponen utamanya sama yaitu gambar pohon beringin. Untuk lebih jelasnya, bisa saya uraikan penjelasan mengenai komponen logo koperasi di atas, sebagai berikut:

1 Gerigi roda/ gigi roda, menunjukkan Upaya keras yang ditempuh secara terus menerus. Hanya orang yang pekerja keras yang bisa menjadi calon Anggota dengan memenuhi beberapa persyaratannya.
2 Rantai (di sebelah kiri), berarti Ikatan kekeluargaan, persatuan dan persahabatan yang kokoh. Bahwa anggota sebuah Koperasi adalah Pemilik Koperasi tersebut, maka semua Anggota menjadi bersahabat, bersatu dalam kekeluargaan, dan yang mengikat sesama anggota adalah hukum yang dirancang sebagai Anggaran Dasar (AD) / Anggaran Rumah Tangga (ART) Koperasi. Dengan bersama-sama bersepakat mentaati AD/ART, maka Padi dan Kapas akan mudah diperoleh.
3 Kapas dan Padi (di sebelah kanan), menggambarkan kemakmuran anggota koperasi secara khusus dan rakyat secara umum yang diusahakan oleh koperasi. Kapas sebagai bahan dasar sandang (pakaian), dan Padi sebagai bahan dasar pangan (makanan). Mayoritas sudah disebut makmur-sejahtera jika cukup sandang dan pangan.
4 Timbangan Keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi. Biasanya menjadi simbol hukum. Semua Anggota koperasi harus adil dan seimbang antara “Rantai” dan “Padi-Kapas”, antara “Kewajiban” dan “Hak”. Dan yang menyeimbangkan itu adalah Bintang dalam Perisai.
5 Bintang dalam perisai Dalam perisai yang dimaksud adalah Pancasila, merupakan landasan idiil koperasi. Bahwa Anggota Koperasi yang baik adalah yang mengindahkan nilai-nilai keyakinan dan kepercayaan, yang mendengarkan suara hatinya. Perisai bisa berarti “tubuh”, dan Bintang bisa diartikan “Hati”.
6 Pohon Beringin Simbol kehidupan, sebagaimana pohon dalam Gunungan wayang yang dirancang oleh Sunan Kalijaga. Dahan pohon disebut kayu (dari bahasa Arab “Hayyu”/kehidupan). Timbangan dan Bintang dalam Perisai menjadi nilai hidup yang harus dijunjung tinggi.
7 Koperasi Indonesia Koperasi yang dimaksud adalah koperasi rakyat Indonesia, bukan Koperasi negara lain. Tata-kelola dan tata-kuasa perkoperasian di luar negeri juga baik, namun sebagai Bangsa Indonesia harus punya tata-nilai sendiri.
8 Warna Merah Putih Warna merah dan putih yang menjadi background logo menggambarkan sifat nasional Indonesia.

Seperti itulah sekilas, kurang lebih penjelasan dan arti bagian-bagian dari lambang koperasi yang selama ini dikenal. Namun, sayang seribu sayang, logo yang sudah terpatri ini telah digantikan. Beberapa tayangan di TV belakangan ini menyampaikan bahwa logo ini telah diganti. Diganti menjadi logo baru yang “informasi”nya agar terlihat lebih modern dan lebih mewakili dinamika perubahan koperasi. Berikut adalah logo baru yang dimaksud, hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah ( Permen KUKM ) NOMOR : 02/Per/M.KUKM/IV/2012 tentang Penggunaan Lambang Koperasi Indonesia , maka mulai tanggal 17 April 2012 logo tersebut diganti.

logo koperasi baruLogo yang keren kan? Logo ini diluncurkan dalam “International Year of Cooperatives” Indonesia di Mataram, Nusa Tenggara Barat, 23-25 Mei 2012.

“Ini lambang baru Koperasi Indonesia,” ujar Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Syarief Hasan.

Dia menunjuk lambang baru Koperasi Indonesia yang terpampang di dinding podium utama pelaksanaan IYC Indonesia 2012 ketika membuka Festival Koperasi Internasional pertama di Indonesia itu.

Perubahan lambang/logo Koperasi Indonesia itu didasarkan pada Surat Keputusan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nomor SKEP/14/Dekopin-A/III/2012 tanggal 30 Maret 2012 tentang Perubahan Lambang/logo Koperasi Indonesia.  Lebih jauh, Syarief mengatakan, lambang Koperasi Indonesia yang baru itu berbentuk gambar bunga yang memberi kesan perkembangan dan kemajuan koperasi di Indonesia. Gambar bunga itu mengandung makna Koperasi Indonesia selalu berkembang, cemerlang, berwawasan, variatif, inovatif sekaligus produktif dalam kegiatannya, serta berwawasan dan berorientasi pada keunggulan dan teknologi.

Nah lebih detailnya sesuai dengan situs kementrian koperasi adalah seperti berikut:

Arti Gambar dan Penjelasan Lambang Koperasi Baru:
Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk gambar bunga yang memberi kesan akan perkembangan dan kemajuan terhadap perkoperasian di Indonesia, mengandung makna bahwa Koperasi Indonesia harus selalu berkembang, cemerlang, berwawasan, variatif, inovatif sekaligus produktif dalam kegiatannya serta berwawasan dan berorientasi pada keunggulan dan teknologi;
Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk gambar 4 (empat) sudut pandang melambangkan arah mata angin yang mempunyai maksud Koperasi Indonesia:
Sebagai gerakan koperasi di Indonesia untuk menyalurkan aspirasi;
Sebagai dasar perekonomian masional yang bersifat kerakyatan;
Sebagai penjunjung tinggi prinsip nilai kebersamaan, kemandirian, keadilan dan demokrasi;
Selalu menuju pada keunggulan dalam persaingan global.
Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk Teks Koperasi Indonesia memberi kesan dinamis modern, menyiratkan kemajuan untuk terus berkembang serta mengikuti kemajuan jaman yang bercermin pada perekonomian yang bersemangat tinggi, teks Koperasi Indonesia yang berkesinambungan sejajar rapi mengandung makna adanya ikatan yang kuat, baik didalam lingkungan internal Koperasi Indonesia maupun antara Koperasi Indonesia dan para anggotanya;

Lambang Koperasi Indonesia yang berwarna Pastel memberi kesan kalem sekaligus berwibawa, selain Koperasi Indonesia bergerak pada sektor perekonomian, warna pastel melambangkan adanya suatu keinginan, ketabahan, kemauan dan kemajuan serta mempunyai kepribadian yang kuat akan suatu hal terhadap peningkatan rasa bangga dan percaya diri yang tinggi terhadap pelaku ekonomi lainnya;
Lambang Koperasi Indonesia dapat digunakan pada papan nama kantor, pataka, umbul-umbul, atribut yang terdiri dari pin, tanda pengenal pegawai dan emblem untuk seluruh kegiatan ketatalaksanaan administratif oleh Gerakan Koperasi di Seluruh Indonesia;
Lambang Koperasi Indonesia menggambarkan falsafah hidup berkoperasi yang memuat :
Tulisan : Koperasi Indonesia yang merupakan identitas lambang;
Gambar : 4 (empat) kuncup bunga yang saling bertaut dihubungkan bentuk sebuah lingkaran yang menghubungkan satu kuncup dengan kuncup lainnya, menggambarkan seluruh pemangku kepentingan saling bekerja sama secara terpadu dan berkoordinasi secara harmonis dalam membangun Koperasi Indonesia;
Tata Warna :
Warna hijau muda dengan kode warna C:10,M:3,Y:22,K:9;
Warna hijau tua dengan kode warna C:20,M:0,Y:30,K:25;
Warna merah tua dengan kode warna C:5,M:56,Y:76,K:21;
Perbandingan skala 1 : 20.

Sudah cukup jelas?

Namun sayang seribu sayang, saya masih belum menemukan orang yang mendesain bahkan yang membuatnya dari sketsa kasar. Mbah google kali ini belum banyak membantu saya. Jika rekan-rekan ada yang ingin menambahkan, dengan senang hati saya terima tambahannya.

Lalu? apa hubungannya judul artikel ini dengan isinya? Sabar..sabar. Tentu saja judul dari artikel ini merupakan harapan dari saya pribadi atau setidaknya mewakili teman-teman khususnya anggota koperasi. Bahwa logo koperasi yang baru ini jangan dijadikan ajang koruperasi alias korupsi yang baru. Mari jadikan koperasi sebagai wadah yang benar-benar mewujudkan kesejahteraan bersama berasaskan kekeluargaan. Bukan semata-mata untuk pengurus koperasi bodong yang notabene cuma kamuflase dari lintah darat berbadan hukum. Jangan pula, logo baru ini dijadikan proyek bisnis oleh kementrian kita yang malah tidak jelas juntrungannya.

Salam Koperasi. Jangan lupa undang saya saat pembagian SHU ya,,🙂

About putuiwan

Sederhana, Pemimpi (sangat ingin mewujudkannya), Irit (bukan Pelit), Humoris, Santun, Suka mendesain gambar (walaupun keliatan abstrak), Tukang Bengong aka Pemikir.

Diskusi

3 thoughts on “Logo Koperasi Baru bukan Logo Koruperasi Baru

  1. Mas kalo pingin tahu siapa pembuat logo koperasi yang baru, tanyakan pada orang kementerian KUKM atau telp no ini beliau tahu banget : Ibu Nungki 08129425347 / nungkiheru@yahoo.com

    Posted by Kartika Wulan | 11/01/2013, 9:34 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan email anda untuk menerima informasi konten terbaru dari blog ini.

Kategori

Twitter Tweets

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Mapan Maju Fb Page

%d blogger menyukai ini: